Monday, 8 June 2015

# Inspirasi

Sosok Muslim Wildan, Filmmaker Berbakat Lampung

Komunitas Indie Movie Kotabumi

Siapa yang tak menyukai film? Film sudah menjadi salah satu sarana alternative hiburan yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk mengisi waktu senggang. Proses produksi sebuah film tidak terlepas dari campur tangan seorang sutradara dibalik layar. Tidak banyak yang tahu bahwa di Lampung ada seorang sutradara, seorang filmmaker yang berbakat. Di usia yang sangat belia, Muslim Wildan memulai karirnya sebagai seorang filmmaker muda.

Poster film pendek terbaru Muslim Wildan bersama KIMK

Saya bertemu dengan kak Ulim, sapaan akrabnya sekitar empat tahun yang lalu di sebuah komunitas film yang dia pimpin yakni Komunitas Indie Movie Kotabumi (KIMK). Dia mulai menggeluti dunia perfilman sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, dengan bekal sebuah impian dia terus menjejaki anak tangga menuju kesuksesan. Dia mempelajari proses produksi film secara otodidak. Saya masih ingat ketika kak ulim menceritakan pengalamannya saat pertama kali membuat sebuah film. “Hanya berbekal kamera dengan resolusi yang rendah, dan jadilah film pertama saya”, ujarnya.

Saya bersama dengan rekan-rekan KIMK

Bersama dengan rekan-rekan Komunitas Indie Movie Kotabumi, Muslim Wildan mulai melebarkan sayapnya di dunia film indie. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan, film indie yang belum terlalu familiar di kalangan masyarakat kadang dianggap sebelah mata. Namun, disisi lain film indie sangat layak untuk diberikan apresiasi sebagai bentuk kreativitas para penggiat film indie. Berbekal semangat serta tekad yang kuat Muslim Wildan mencoba mengikuti Festival Film Indie di Lampung, berkat kerjasama tim KIMK yang solid film pendek "Mengejar Air" menghasilkan penghargaan Film Terfavorit dan Ide Cerita Terbaik dalam Festival Film Indie Darmajaya tahun 2012. 
Link Film Pendek Mengejar Air:   https://www.youtube.com/watch?v=yntZD4gCLBI

 Muslim Wildan bersama aktor kawakan Deddy Mizwar

Tak berhenti hanya berkutat di Festival Film Indie, Wildan pun mencoba peruntungannya di Jakarta. Dia pun mulai mengikuti proses produksi sebuah film layar lebar bersama dengan actor kawakan Deddy Mizwar. Keinginan kuat untuk terus belajar mendalami dunia perfilman membuat Muslim Wildan tak pantang semangat. Dia berusaha produktif melahirkan film-film indie lainnya.



Saya banyak belajar dari sosok filmmaker muda Lampung satu ini. Dari dialah saya mengetahui dan mulai belajar proses produksi sebuah film. Mulai dari proses pra-produksi, produksi hingga pasca-produksi. Keinginan terpendam untuk membuat sebuah film akhirnya dapat terwujud, meskipun saya tidak terlalu banyak ambil andil dalam proses produksinya. Bagi saya pribadi film adalah cara terbaik menceritakan sesuatu secara nyata. Dan saya harap nantinya banyak lahir Muslim Wildan yang lain, seorang filmmaker muda berbakat. Semoga kita tetap dapat bekerja sama memproduksi sebuah film, bertutur tentang dunia. Semoga.

@echisianturi
Kru Komunitas Indie Movie Kotabumi.


No comments: