Penulis Sosok Pembangun Masa Depanku

March 01, 2012

Oleh : Echi Sianturi

Seorang penulis adalah pejuang pena, yang dapat menjangkau segala aspek, menjan
gkau setiap sudut tempat dimuka bumi tanpa perlu mendatangi tempat satu persatu. Cukup dengan menulis, penulis dapat mengubah pemikiran masyarakat. Dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang pola pikir nya kolot menjadi lebih modern. Bukankah itu hebat?

Penulis menempatkan dirinya sendiri secara tidak langsung dalam urutan daftar orang yang intelek, bagi secara pemikiran, maupun sikap. Menulis dapat mengasah otak untuk dapat lebih peka dalam berbagai macam aspek, tidak hanya sekedar kolar-kilir tanpa arah. Dengan menulis, kita dapat mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita, melatih kemampuan linguistic. Karakter yang dihasilkan dari kegiatan menulis dapat ditinjau dari luasnya wawasan, pengetahuan, serta kepekaan terhadap lingkungan disekitar.
Karakter penulis memiliki berbagai macam, dapat dilihat dari karya yang mereka hasilkan. Ada seorang penulis yang lebih menonjolkan sisi feminisme, ada yang cenderung lebih memilih karakter yang berat seperti buku-buku filsafat, atau ada yang gemar mengocok peru pembaca dengan karya mereka yang jenaka.

Menurut Putu Wijaya “Menulis itu  berjuang”, bisa berjuang untuk orang lain, menyampaikan jeritan hati para rakyat miskin tentang kesenjangan social yang mereka alami. Menulis juga bisa dijadikan sebagai sarana kritikan bagi pemerintah, khususnya tentang lemahnya supremasi hokum yang tidak adil di negeri ini. Seperti pada kasus yang heboh menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Nasib tragis yang dialami seorang bocah laki-laki yang dijatuhi hukuman 5 tahun penjara hanya karena mencuri SENDAL JEPIT. Bukankah itu lucu?

Karakter yang dibangun secara tidak langsung dengan menulis dapat menjadikan bangsa kita ini menjadi lebih kokoh. Sumber daya manusia yang handal dan dinamis sangat dibutuhkan oleh bangsa ini. Ditengah gempuran modernisasi yang merajalela yang mengikis sendi-sendi kebudayaan bangsa. Menulis bisa membangkitkan kembali semangat bangsa Indonesia, sebagai sarana filter membangun penerus bangsa yang tangguh.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Total Pageviews

Translate