PROFIL RBA Lampung

September 25, 2013



Tentang RBAN Lampung



Pendiri Rban : Asmarani Rosalba (Asma Nadia)
Pengelola Rban Lampung
Ketua                           : Silvana Maya Pratiwi
Wakil Ketua                 : Rasyid Trisandi
Sekretaris                    : Virda Altaria Putri
Bendahara                  : Hafizah Helma

A. Latar Belakang
Membaca merupakan suatu kegiatan yang dapat menambah wawasan dan mengasah otak untuk semua orang. Kegiatan membaca (teks, literatur) yang dibiasakan sejak dini (baca: anak-anak) sesuai kemampuan dapat merangsang kreativitas dan semangat rasa ingin tahu seseorang.Sang penguasa alam Allah SWT pun telah memerintahkan untuk banyak membaca. Dalam Al-Qur’an surah Al-Alaq: 1 telah diperintahkan: “Iqro..” yang artinya: “Bacalah”.
Namun tidak semua kalangan di negeri ini dapat merasakan kemudahan memperoleh buku atau jenis literatur lainnya. Kesulitan ekonomi, sulitnya akses menuju pusat literasi, persaingan dengan aneka hiburan lain (misalnya game center) ataupun masih tak terjangkaunya harga buku/majalah, termasuk tak membudayanya kegiatan membaca di sekitar, menjadi sekian dari banyak alasan mengapa tak semua orang dekat dengan kegiatan membaca yang bermanfaat ini.
Rumah Baca Asma Nadia merupakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) – Perpustakaan Dhuafa yang diinspirasi oleh sosok Asma Nadia, seorang penulis wanita yang produktif di tanah air hadir dengan tujuan mulia, yaitu memberi wadah alternatif yang menyediakan buku-buku bacaan untuk anak-anak (dan dewasa), sekaligus sebagai pusat kegiatan yang kreatif para pengunjungnya.
Rumah Baca Asma Nadia (Rban) Lampung merupakan rumah baca Asma Nadia cabang Lampung pertama yang didirikan serta dibuka untuk umum khususnya masyarakat yang ingin memiliki banyak pengetahuan namun tidak bisa membeli buku-buku berkualitas di Provinsi Lampung. Rban Lampung merupakan sebuah kerjasama antara pihak personal pemuda Lampung dengan Yayasan penulis ternama Asmanadia sebagai suplayer buku sebagai kebutuhan rumah baca yang utama. Rumah Baca Asma Nadia Lampung juga bekerjasama dengan komunitas-komunitas yang ada di Lampung untuk membantu dalam menjalankan program kreatifitas dan pemberdayaan masyarakat sekitar rumah baca bahkan provinsi Lampung.
B. Visi dan Misi
  1. Mewujudkan anak-anak , remaja, dan masyarakat luas berbudaya membaca di Provinsi Lampung
  2. Memberikan kesempatan membaca gratis kepada masyarakat
  3. Menjadikan Rumah baca sebagai sarana edukasi dan kreatifitas masyarakat
C. Tujuan
  1. Short Term Mission
  • Membudayakan membaca
  1. Long Term Mission
  • Menjadikan Rumah Baca sebagai tempat edukasi yang nyaman dan terbuka untuk umum
  • Melibatkan komunitas-komunitas yang ada di Bandar Lampung untuk memajukan kreatifitas dan aktifitas positif masyarakat
B.     Fokus Bidang
1. Pendidikan
Pendidikan merupakan dasar kunci kualitas seseorang dimata orang lain. Meskipun dengan pendidikan yang rendah, namun jika memiliki pengetahuan yang luas dari membaca, tentunya akan sama kedudukan seseorang tersebut. Membaca merupakan perintah utama setiap manusia dari Allah Subhanawata’ala agar mendapat banyak ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu berdirinya Rumah Baca untuk kegiatan yang dapat menambah wawasan dan mengasah otak untuk semua orang. Kegiatan membaca (teks, literatur) yang dibiasakan sejak dini (baca: anak-anak) sesuai kemampuan dapat merangsang kreativitas dan semangat rasa ingin tahu seseorang.
2. Sosial
Berdirinya Rumah Baca ini diharapkan mampu memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak yang kurang beruntung memiliki buku yang lengkap dan berkualitas. Kehadiran Rumah baca ini, akan dibuka secara gratis kepada anak-anak maupun khalayak umum yang ingin membaca dan mendapatkan buku-buku berkualitas dan terbaru secara gratis.
3. Pemberdayaan Masyarakat
Kehadiran rumah baca nantinya diharapkan juga mampu memberdayakan masyarakat sekitar dibidang ekonomi kerakyatan dan pengelolaan pemanfaatan lingkungan. Nantinya akan ada pelatihan khusus masyarakat sekitar tentang Unit Kerajinan Masyarakat yang akan dipasarkan dan sebagian donasinya akan diserahkan untuk pengelolaan Rumah Baca.

Elemen Masyarakat yang di libatkan
1. Yayasan Sepakat Karya Utama
2. Anak-anak dan masyarakat yang berdomisili di sekitar tempat berdirinya Rban
3. Komunitas-komunitas di Lampung
4.Unit Kegiatan Bidang Seni di Bandarlampung
5. Pemuda dan Mahasiswa (Sebagai Volunteer)

Bidang-bidang yang ada di Rban Lampung
1. Bidang Pendidikan
2. Bidang Kaderisasi
3. Bidang Media dan Publikasi
4. Bidang Funding (pendanaan)
5. Bidang Pemberdayaan Masyarakat

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Total Pageviews

Translate