Pemilu?

June 08, 2014


           

            Ahh… riweh! Setiap kali online, seantero pengguna social media sedang gencar-gencarnya membahas bahkan memprovokasi satu sama lain untuk memilih calon presiden jagoannya. Iya, Pemilu! Pesta rakyat, hajatan besar 5 tahunan di Indonesia ini memang paling popular dan acapkali mengundang kontroversi disana-sini.  Pro dan kontra yang terjadi di masyarakat bukan hal yang baru lagi.  Ada banyak cerita yang terurai dari Pemilihan Umum. Seperti rasa permen nano-nano, ramai rasanya. Dan disini masyarakat dituntut untuk cerdas memilih, serta menimbang calon pasangan mana yang memang benar-benar layak untuk duduk di kursi paling panas di Indonesia ini.
            Masyarakat dibingungkan dengan isu-isu yang merebak di kala masa kampanye. Tim sukses masing-masing calon pasangan berlomba-lomba mempercantik calon pasangan masing-masing. Saling adu domba, tak dapat dihindari. Artikel-artikel merebak di jejaring social. Berita dengan cepat sampai ke tengah masyarakat. Masyarakatpun dibuat kebingungan, mana berita yang harus mereka percayai, dan mana berita yang tidak boleh mereka percayai. Semua menjadi blur, benar dan salah tak mampu dibedakan lagi. Hoax dimana-mana, tetiba ada saja yang menjadi reporter dadakan karena terlalu mem-boomingnya topic ini.
            Saya sendiri cukup tertarik dengan fenomena 5 tahunan ini. Menggelitik saya untuk sedikit menelisik kedua calon pasangan yang kelak akan memimpin di Bumi Khatulistiwa ini. Pasangan pertama yakni Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Hatta Rajasa. Pasangan kedua yakni Bapak Jokowi yang notabenenya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan calon wakilnya Bapak Jusuf Kalla mantan wakil President RI. Kedua bakal pasangan ini sama-sama kuat dengan kelebihan masing-masing. Bapak Prabowo yang memiliki basic di bidang militer, saya yakin dengan kemampuan beliau bangsa ini akan lebih aman dan tentram kedepannya. Semoga. Dan Bapak Jokowi dengan style sederhananya, merakyat.
Yaah, namanya juga manusia. Ketika dihadapkan dengan kursi kekuasaan semua bubar. Bahkan prinsip dan ideology dapat tergadaikan dengan kekuasaan. Segala macam cara di lakukan, tak peduli halam ataupun haram. Membangun citra diri yang baik merupakan salah satu kewajiban penting yang harus ditunaikan. Demi membangun pencitraan diri di depan masyarakat. Agar terlihat low profile, berwibawa, peduli dengan masyakarat atau apapun namanya.
            Benar! Pemilu kini merupakan ajang fantastis dimana para politikus beradu, mengadu domba satu sama lainnya. Saling menjatuhkan. Bukankah Pemilu merupakan pesta rakyat yang seharusnya dilaksanakan dengan besih, jujur dan adil? Saya rasa semua itu hanya menjadi mimpi belaka jika hal-hal negative semacam tersebut tidak dihindarkan. Ketika semua berlomba demi kepentingan masing-masing. Tujuan Pemilu menjadi tak sepenuhnya terpenuhi.
            Lagi-lagi masyarakat hanya menjadi penonton pertarungan politik. Rakyat kecil yang tak tahu-menahu menjadi sasaran empuk para tim sukses masing-masing bakal calon. Indonesia masih memiliki cahaya, Indonesia masih memiliki harapan. Harapan-harapan yang tertanam dalam setiap hati kecil masyarakat yang membutuhkan perubahan. Mereka menaruh harapan pada janji-janji manis para calon pemimpin Bangsa yang besar ini.
            Masyarakat Indonesia, pribumi dari tanah yang kaya akan hasil alam yang berlimpah ini masih menunggu kejelasan nasib yang lebih baik dikemudian harinya. Bukan hanya sekedar janji, seperti angin lalu. Mereka semua, dan saya masih punya cita-cita. Indonesia kembali menjadi macam Asia. Mengaum, terus maju dan meninggalkan predikat “Negara Berkembang”.
            Pemilu, semoga fungsimu  dapat terlaksana dengan baik. Dan melahirkan Pemimpin yang benar-benar akan memimpin Bangsa ini. Bukan pemimpin boneka yang dikendalikan oleh pihak asing. Ini Bangsa kita! Kita yang memimpin bukan mereka! Dan kita bukan Negara boneka, Kita Negara yang berdaulat!

Echi Sianturi
Penulis Lepas, Mahasiswa. Dan bukan Tim Sukses.
Kotabumi, 6 Juni 2014

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Total Pageviews

Translate