Monday, 30 March 2015

# Artikel

Jurnalisme Warga: Bagikan Inspirasi, Rumah Belajar Lamda Lampung Didik Generasi Masa Depan

Duajurai.com, Bandar Lampung – Rumah Belajar Lamda atau yang lebih dikenal dengan Rumbel Lamda merupakan salah satu komunitas pemuda pemerhati pendidikan, ekonomi dan lingkungan yang dibentuk alumni Forum Indonesia Muda (FIM) Lampung.

Rumah belajar yang terletak di Jalan Yos Sudarso Gang Ikan Semagar RT 05 Bumiwaras, Telukbetung Selatan, Bandar Lampung, ini sudah berdiri sejak dua tahun yang lalu. “Alhamdulillah, program Rumah Belajar ini dapat berjalan hingga sekarang,” ujar Septian Cahyadi, salah satu pendiri dari Rumbel Lamda, Minggu, 29 Maret 2015.

Rata-rata yang belajar di sini, kata Septian, warga golongan menengah ke bawah dengan jumlah 60 siswa prasekolah sampai dengan kelas 1 SMA sederajat. “Di Rumah Belajar, kami memiliki fasilitas tiga ruangan seadanya untuk belajar,” ujar pria berkacamata ini.

Tenaga pengajar (sukarelawan) yang turut andil dalam kegiatan belajar mengajar terdiri dari berbagai latar belakang. Mulai dari mahasiswa, wirausaha, guru, dan lain-lain. “Kebanyakan sukarelawan Rumbel merupakan mahasiswa Universitas Lampung, IAIN Raden Intan, Teknokrat, dan Darmajaya,” jelas Septian.


Septian menambahkan, kepedulian pemuda di Lampung terhadap kondisi lingkungan sekitar patut diajungi jempol. Pasalnya, mereka masih menyempatkan diri untuk hadir dan mengajar adik-adik di sela kesibukan kuliah yang padat. “Waktu belajar di Rumbel setiap Jumat pukul 13.30 sampai dengan 15.30. Untuk hari Minggu, pukul 09.00 sampai dengan 12.00,” kata dia.

Anggi, Kepala Sekolah Rumbel Lamda, mengatakan, pihaknya menerima dengan pintu terbuka siapa pun yang ingin ikut serta dalam kegiatan belajar di Rumbel.

Mahasiswa IAIN ini menambahkan, Rumbel bukan hanya memberikan pelajaran formal, melainkan menekankan pada pendidikan karakter. “Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan apalagi untuk anak-anak di usia dini. Karena mereka adalah aset besar bangsa ini,” ujarnya.

Warga Lampung yang tertarik untuk menjadi tenaga pengajar di Rumbel Lamda dapat menghubungi nomor 0852-6958-4004. Seluruh sukarelawan Rumbel Lamda berharap semakin banyak masyarakat yang peduli dengan pendidikan yang semakin memprihatinkan, khususnya untuk kalangan menengah ke bawah.
Desi Ilham Sianturi

No comments: