Monday, 29 August 2016

# Artikel

Daya Pikat Bahasa Indonesia Menuju Bahasa Resmi Dunia






Oleh: Desi Ilham Sianturi       

Bahasa merupakan alat komunikasi verbal yang sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat. Kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Banyak ahli bahasa berpendapat bahwa bahasa Indonesia sangat berpotensi menjadi bahasa internasional. Bahkan, Collins (2005) telah menunjukkan betapa potensialnya bahasa Indonesia (Melayu) menjadi bahasa dunia (internasional) dilihat dari sejarahnya. Disisi lain bahasa memiliki peranan penting dalam hubungan antarbangsa. Sebagai salah satu bangsa yang ikut berperan dalam komunikasi antarbangsa, Indonesia memiliki bahasa yang mempunyai daya pikat tersendiri untuk dijadikan bahasa dunia.

Daya pikat bahasa Indonesia tersebut dapat dibuktikan dengan mulai menjamurnya jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di berbagai kampus dunia. Berbagai kampus di dunia seperti Tokyo University of Foreign Studies, Japan, kemudian University of Southern Queensland, Australia, dan Hankuk University of Foreign Studies, South Korea yang menawarkan jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia bagi para mahasiswanya. Mahasiswa akan diajari kosakata, struktur bahasa, menulis, membaca dan bercakap-cakap dalam bahasa Indonesia. Jumlah peminat studi bahasa Indonesia di universitas-universitas tersebut cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Ada beberapa faktor yang mendukung bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia. Faktor-faktor pendukung itulah yang menjadikan bahasa Indonesia memiliki nilai daya pikat yang tinggi, sebagai bahasa yang menarik dan patut untuk dipelajari oleh masyarakat dunia. Layaknya bahasa Inggris yang penting untuk dipelajari karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena hampir seluruh informasi yang tersebar di dunia maya menggunakan bahasa inggris. Indonesia pun sangat berpotensi mengantarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional, karena keragaman seni dan budaya Indonesia, keindahan pesona alamnya, dan juga letak Indonesia yang sangat strategis dalam ekonomi dunia.

Berbagai upaya terus digencarkan guna mencapai tujuan, menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu bahasa resmi dunia. Upaya-upaya tersebut tidak mampu dilepaskan dari peran aktif masyarakat luas dalam memperkenalkan bahasa Indonesia di mata dunia. Usaha untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional harus diawali dari bangsa Indonesia sendiri dengan mencintai bahasanya. Dewasa ini sudah banyak program pertukaran pemuda, baik dari Indonesia ke luar negeri atau pun sebaliknya. Para pemuda utusan dari Indonesia itu dapat dijadikan sebagai penyambung lidah untuk memperkenalkan bahasa Indonesia. Orang asing yang datang ke Indonesia pun bisa dirayu untuk mempelajari dan memahami Indonesia dari berbagai aspek kehidupan sehingga mereka merasa Indonesia itu penting. Apabila orang asing sudah menganggap Indonesia penting maka mereka akan mempelajari Indonesia. Mempelajari Indonesia tidak dapat dilakukan jika tidak mempelajari bahasanya.


Selain itu media massa memberikan andil besar dalam pengembangan bahasa Indonesia. Karena memiliki pembaca, pendengar dengan ruang lingkup yang luas, media massa menjadi salah satu alat penyebar bahasa Indonesia yang sangat efisien. Oleh karena itu, media massa menjadi salah satu mitra kerja yang penting dalam pelancaran dan penyebaran informasi tentang bahasa. Kini media massa menjadi tumpuan kita dalam menyebarluaskan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

Disamping itu, perkembangan kesusastraan di Indonesia yang tumbuh subur, mulai dari penulis-penulis yang kini hari semakin produktif menelurkan karya-karyanya baik berupa novel, puisi, maupun cerita pendek. Karya sastra yang mulai mendunia itu mampu menjadi sarana penyebar bahasa Indonesia lainnya. Masyarakat dunia mulai mengetahui karya sastra dari Indonesia dan lambat laun mungkin saja tertarik dan mempelajari bahasa Indonesia. Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional dan bahasa peradaban dunia bukanlah sesuatu yang mustahil untuk diraih. Semua upaya itulah yang akan mengangkat bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional dan bahasa peradaban dunia. Tentu saja dengan dukungan dari pemerintah dan segenap masyarakat Indonesia.

Referensi:
Collins, James T. 2005. Bahasa Melayu Bahasa Dunia: Sejarah Singkat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Nurlizta, Dian. 2015. 4 Kampus di Dunia yang Punya Jurusan Bahasa Indonesia. http://www.gadis.co.id/ngobrol/4-kampus-di-dunia-yang-punya-jurusan-bahasa-indonesia. Diakses pada 19 Juni 2016.

No comments: