Friday, 9 September 2016

# Artikel # Lain-lain

Tips and Tricks Interview

Just Speak Sharing Session


Holla fellas!
Ngilmu memang ga ada habisnya yah! Ternyata masih banyak sekali hal-hal yang perlu kita pelajari diluar sana. Salah satunya adalah tips dan trik ketika kita menghadapi interview. Kemarin gue dan teman-teman diberikan kesempatan untuk ikut sharing session di Just Speak, kak Fadlan selaku CEO dari Just Speak yang memberikan ilmu baru terkait interview. Nah, kali ini interview-nya khusus untuk yang ingin mencoba program ke luar negeri atau pun beasiswa seperti gue hehee. Ga usah lama-lama yah langsung aja pantengin satu demi satu tips and tricks ala CEO muda Just Speak, kak Fadlan Satria:

1. Arrive 15 minute early
Kamu harus tepat waktu ketika akan menghadapi wawancara yah! Hal ini wajib banget kamu lakukan, ga keren banget dong jika kamu terlambat dan harus buru-buru dikejar waktu. Kalau kamu terlambat alhasil hal tersebut akan merusak konsentrasi kamu nantinya ketika akan wawancara. Datang 15 menit sebelum wawancara juga akan mencerminkan jika kamu adalah seorang yang disiplin dan tepat waktu. So, sebelum wawancara kamu masih punya beberapa menit untuk fokus dan menenangkan diri agar ga gugup ketika nanti di dalam ruang bersama dengan para interviewers.

2. Make you HALO effect impressive
Kesan pertama kamu harus berkesan! Ketika kamu memasuki ruangan untuk wawancara pastikan kamu tersenyum dan menunjukkan wajah cerah supaya aura positifmu memancar. Jangan menunjukkan wajah gugupmu yah karena itu akan mengurangi kesan pertama kamu. Kamu jangan terlebih dahulu duduk ketika belum dipersilahkan oleh para interviewers yah, jika interviewers belum mempersilahkan kamu untuk duduk ada baiknya kamu bertanya seperti ini, "May i sit down, sir?" atau "May i take sit first, sir?". Intonasi suaramu juga harus diperhatikan yah ketika memperkenalkan diri, tenang dan santai.

3. Clarify your questions
Kamu harus benar-benar memahami pertanyaan yang diberikan oleh interviewers yah. Jangan sampai apa yang ditanyakan oleh interviewers gagal kamu pahami. Interviewers menanyakan pendapat kamu tenang A, malah kamu menjawabnya menjadi B. Hal tersebut fatal sekali lho fellas, jadi ketika kamu merasa kurang yakin dengan pertanyaannya jangan segan-segan untuk meminta lagi interviewers untuk mengulangi pertanyaan. Daripada kamu salah jawab kan, lebih baik menanyakannya lagi untuk memastikan apakah kamu sudah benar-benar paham dengan pertanyaannya.

4. Give your qualifications
Kamu harus menyesuaikan dengan kriteria yang di mau oleh si interviewers. Contohnya, ketika kamu akan mendaftar program internasional yang fokus di bidang pendidikan, kamu harus memberi tahu tentang kriteria yang sudah kamu miliki. Kegiatan apa saja yang telah kamu lakukan terkain dengan bidang pendidikan. Tapi, jangan sampai kamu terlalu banyak memberikan penjelasan yah, secukupnya saja. Jika kamu terlalu menggebu-gebu menceritakan semuanya, kamu akan terkesan menyombongkan diri lho.

5. Dress appropriately
Kamu wajib banget untuk berpakaian rapi yah! Jika biasanya kamu suka pakai celana jins, t-shirt dan sepatu kets tanggalkan dulu yah pakaian kebanggaanmu itu sementara. Berpakaianlah yang rapi, kenakan pakaian terbaikmu. Gunakan kemeja yang sudah disetrika terlebih dahulu, untuk wanita kenakan rok dasar, dan pria kenakan celana dasar. Sisir dan tata yang rapi rambutmu, pakai parfum tapi jangan yang terlalu menyengat yah wanginnya. Alih-alih ingin wangi malah nanti menggangu konsentrasi interviewers kamu karena aroma parfumnya yang terlalu menyengat. Gunakan sepatu pantofel, berpakaianlah layaknya seorang profesional yah fellas.

6. Conduct yourself profesionally
Jadilah orang yang menyenangkan ketika akan diwawancara. Jangan terlalu gugup, dan jangan pura terlalu bersemangat menggebu-gebu. Tunjukkan sikap tenang kamu dalam menjawab pertanyaan demi pertanyaan, tenang dan meyakinkan. Jawaban yang kamu lontarkan pun harus memiliki kualitas yah sehingga interviewers akan terkesan dengan jawaban yang kamu berikan. Ketika berbicara tataplah mata interviewers-nya, pandangan kamu jangan kemana-mana fokus dengan orang yang ada di hadapanmu. Gunakan juga body language mu agar lebih terkesan lebih bersahabat, dan ingat kamu harus menjaga batasan antara kamu dan interviewers yah.

7. Listen
Hal ini yang terkadang kamu lupakan, karena terlalu gugup. Kamu harus mendengarkan setiap kata yang diucapkan oleh interviewers cermat dan antusias. Antusias disini adalah antusias yang sesungguhnya yah, bukan pura-pura antusias hehee. Kamu harus mendengarkan apa yang disampaikan oleh interviewers mu, barangkali ada beberapa point yang kamu harus paham dan ingat.

Demikian tips and tricks interview nya yah. Nah, ini dia beberapa pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan ketika kamu akan mengikuti interview. Kamu bisa mempersiapkan jawabannya mulai dari sekarang yah.

*Possible Questions:
1. Tell me about yourself?
2. Why we should hire you?
3. What is your objective?
4. What is your greatest weaknesses?
5. What will you contribute?
6. What is your biggest dream?

Well, thats all tips and tricks for interview yah fellas. Hopefully, usefull for you all. Gudluck! :)

@echisianturi
Just Speak Mentorship Program (JUMP)
We are Jumpers!

No comments: