Monday, 2 May 2016

# Artikel # Celotehan

Selamat Hardiknas 2016!

 Holaaaa adik-adik!

Selamat Hari Pendidikan Nasional yah! Semoga kalian mendapatkan pendidikan yang layak. Tiga kata saja "Sekolah, sekolah dan sekolah". Karena mendidik bukan hanya tugas seorang guru, tapi kita semua sebagai manusia terdidik yang lebih beruntung dapat mengeyam bangku pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Seperti yang tertuang dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945 alinea ke-4 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Mencerdaskan bangsa melalui pendidikan yang mumpuni. Namun, bukan berarti masalah pendidikan, seperti tingginya angka anak-anak putus sekolah, anak-anak yang buta aksara menjadi pekerjaan rumah pemerintah saja. Itu masalah kita bersama! Sudah saatnya kita bergerak bersama, mengisi slot-slot pendidikan yang belum terjamah oleh pemerintah.

Tujuan Pendidikan Nasional dalam UUD 1945 (versi Amandemen)


  1. Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.”
  2. Pasal 31, ayat 5 menyebutkan, “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.”

Tujuan Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003


Jabaran UUD 1945 tentang pendidikan dituangkan dalam Undang-Undang No. 20, Tahun 2003. Pasal 3 menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Tujuan Pendidikan Menurut UNESCO


Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yakni: (1) learning to Know, (2) learning to do (3) learning to be, dan (4) learning to live together. Dimana keempat pilar pendidikan tersebut menggabungkan tujuan-tujuan IQ, EQ dan SQ.

Itulah beberapa tujuan pendidikan. Pertanyaan mengapa pendidikan itu sangat penting sudah terjawab bukan? Masih mau malas-malas menimba ilmu? Masih segan untuk berbagi ilmu dengan sesama? Terutama untuk adik-adik kita yang kurang beruntung? Yuuk, bergegas membangun pendidikan di Indonesia bersama. Katanya cinta Indonesia, tapi berbagi ilmu aja pelit :v

Mohon maaf jika hingga saat ini belum mampu memberikan kontribusi yang besar buat bangsa ini :')) - @echisianturi


#Hardiknas2016 #Indonesia #Education #Educate #Volunteer #Rbanlampung #Rumbellamda #Pulautegal #Educator #Student #Lampung #Betterfuture

No comments: